Selasa, 12 April 2011

Mengapa harus JARAK PAGAR ??????

Oleh : B.Widodo BE.SE.

Dari sejarahnya, yaitu waktu Dai Nippon menjajah Indonesia, mereka sudah tahu banyak kegunaan Jarak Pagar ini......Mulai dari untuk bahan bakar kendaraan, pesawat dll., Mereka tahu selain minyaknya yang bisa dipakai baik untuk kompor minyak jarak pagar atau diolah lebih lanjut sehingga menjadi bio-diesel dan bisa dipakai sebagai bahan bakar kendaraan bermotor, ternyata sampai saat ini mereka (orang Jepang) banyak yang mencari minyak jarak pagar dalam jumlah amat banyak untuk berbagai keperluan.....gitu loh !!!!
Ternyata ..... dan ternyata lagi ..... pohon Jarak Pagar ini, pembudidayaannya mempunyai efek/kegunaan yang banyak (serba guna gitu loh...!!!)
Mau tahu multigunanya budidaya Jarak Pagar ini, begini lo ....... : (lagi2 kata orang awam lah...)
Jarak tanam untuk budidaya jarak pagar ini antara 1 - 2 meter, kira2 ajalah, maklum orang awam ...., setelah umur tertentu, bisa dipanen dan dipangkas batang/cabang yang sudah tidak produktif, pangkasan batang2 tua ini bisa dimanfaatkan untuk pembuatan PULP (bahan untuk bubur kertas) yang amat bagus, berarti akan bisa membantu program pemerintah dalam pengadaan BUKU MURAH. Itu tadi dalam skala 20 juta ha lo... Ga dikit kan..... ???!!! Selama tumbuh hidupnya inilah Jarak Pagar akan menghasilkan oksigen yang cukup banyak, kalau dalam skala dunia yang 50 juta ha, akan bisa mensupli kebutuhan oksigen ..... di dunia .
Selama tumbuh hidupnya itu pula, tautan perAKARannya ternyata akan bisa mengikat air tanah sehingga tanah tempat tumbuhnya bisa menjadi SUBUR.

Dari akar, batang dan daunnya yang bisa bermanfaat, jangan lupa yang paling penting adalan BIJI nya ......
Setelah biji Matang Puun .... ?? lalu dipetik, dikeringkan (dijemur/dioven), setelah kering dipecah kulitnya, kulitnya ini bisa juga dimanfaatkan untuk membuat arang briket, sedang bijinya lalu dipress....Keluarlah minyaknya, dimana minyak pres2an ini bisa langsung dipakai untuk bahan bakar Kompor Khusus Minyak Jarak, atau diolah lebih lanjut dengan proses tertentu menjadi minyak Bio-Diesel, tetapi yang paling menarik adalah AMPAS BIJI hasil pres2an nya, untuk apa ..... ?????
Ternyata .... dan ternyata lagi ..... Ampas bijinya ini entah siapa, dari negara mana yang telah menelitinya, bisa untuk media tumbuh sejenis JAMUR yang mempunyai nilai gizi 7x ayam, dengan harga yang cukup tinggi, ...... hebat kan .... !!!! Baiklah sekian dulu mengenai Jarak Pagar, asal tahu aja ya ...... ????!!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar